Candi Borubudur Ditetapkan UNESCO -Seharah Ditemukannya Candi Borubudur Hingga DIitetapkan UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

Candi Borubudur diketaui sebagai mahakarya arsitektur Buddha peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, yang terletak di Magelang, Jawa tengah.

Hingga saat ini, Borobudur tetap menjadi Candi Buddha terbesar di dunia, yang setiap bangunannya memiliki karakteristik dan makna tersendiri.

Karena berbagai alasan itulah, Candi Borobudur ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada 1991.

Setelah sempat terkubur lama , Candi ini kembali ditemukan pada tanggal 1814, ketika Thomas Raffles menjabat sebagai Gubernur jenderal di jawa.

baca juga: Viral TKW Bawa Pulang Anak Mantan Majikannya yang Disabilitas

Pada 1970-an dan 1980-an, restorasi besar besaran dilakukan sebagai upaya penyelamatan bangunan sejarah ini. Sejak di temukan kembali, Borobudur terus menjadi objek penelitian para ahli dari dalam maupun luar negeri.

Lantas, siapa yang membangun Candi Borobudur dan bagaimana sejarah pembangunannya? Dibangun pada masa Dinasti Syailendra Hingga saat ini, belum di temukan bukti catatan sejarah yang dapat menjelaskan siapa yang membangun candi Borobudur.

Candi Borubudur Ditetapkan UNESCO, Situs Warisan Dunia

Bahkan tahun pembangunan dan latar belakang pendiriannya pun masih diselimupti misteri, Berdasarkan penelitian para ahli, Candy Borobudur diperkirakan dibangun pada abad ke-8, saat kerajaan mataram kuno diperintah oleh Dinasti Syailendra.

Pembangunan candi berbentuk stupa ini dilakukan oleh para pengganut Buddha Mahayana secara bertahap.

baca juga: Viral Gotong Keranda Jenazah Seberangi Sungai di Lampung

Melihat besarkan ukuran dan ke unikan aristekturnya, pembuatan Candi Borobudur memakan waktu puluhan tahun bahkan seratus tahun lebih dan selesai dibangun pada masa pemerintahan Raja Samaratungga ( 820-840 M ).

Beberapa sejarawan menyebut bahwa pembangunan Candi Borobudur dimulai oleh Dinasti Sanjaya, tetapi baru dapat di selesaikan oleh Dinasti Syailendra, yang periode kepemimpinannya menjadi masa keemasan Mataram kuno. Pada saat itu agama Hindu dan Buddha sama sama berkembang di pulau jawa.

Proses pembangunan Candi Borobudur diyakini di mulai dengan meratakan tanah dan memadatkannya mengunakan batu untuk membentuk struktur piramida.
setelah itu, dibangun undakan persegi dan melingkar, kemudian dilanjutakn dengan penyempurnaan, seperti penambahan pagar, tangga, dan sebagainya.

Bangunan candi ddibangun mengunakan batu yang du potong dan disusun sedemikian rupa tanpa mengunakan mortar ( elemen untuk merekat batu ). di perkirakan, lebih dari 1,6 juta balok batu andesit di gunakan untuk membangun candi ini.

baca juga: Fenomena Midnight Sun,Tak Pernah Tenggelam di 7 negara ini

Seperti di ketahui, Candi Borobudur terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar, yang di atasnya terdapat 3 pelataran melingkar. Pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief ( terlengkap dan terbanyak di dunia ) dan 504 arca Buddha.

Kemudian stupa utama terbesar terletak di tengah, di kelilingi tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang. Tidak heran apabila proses pembangunanya memakan waktu sehingga lebih dari satu abad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot thailand