Festival Monyet
jika benar bahwa setiap anjing memiliki harinya ,maka sama benar ,setidaknya di lopburi ,bahwa setiap monyet memiliki harinya dan hari itu adalah hari minggu terakhir dibulan november ketika kota lopburi di thailand tenggah menyelengarakan perjamuan dan pestival monyrt tahunan untuk mengucapkan terimakasih kepada ratusan kera yang tinggal dikota tersebut. Festival Monyet prjamuan monyet pertama kali dimulai pada tahun 1980 an berkat inspirasi seorang pengusaha lokal.

Ide nya adalah menyediakan prasamanan buah buahabn dan makanan untuk monyaet sebagaicara mengucapkan terimakasih kepada primata yang kehadirannya membawa pendapatan turis yang disambut baik dikota . acara ini telah berkembang selama bertahun tahun dan ribuan turis lokal dan manca negara turun ke lopburi untuk melihat jamuan monyet dan perayaan terkait. seperti acara apapun dithailand, makanan memaikan peran penting dan tidak semua tentang monyet dengan berbagai penjual dan kedai makanan yang didirikan untuk memberi makan pengunjung juga.

monyet lopburi hidup terutama didaerah sekitar kuil khmer kuno phra prang sam yot dan kuil sarn phra karn tetapi sering terlihat diberbagai lokasi disekitar lopburi dimana mereka diberi makan oleh penduduk setempat. mereka terbiasa dengan interaksi manusia dan tidak malu untuk merebut makanan dan minuman dari tangan dan tas orang , jadi berhati hati lah jika anda pergi ke kota monyet . beberapa orang thailand mengabarkan lapburi meski monyet mengeroyoki kabel dan saluran telpon serta menyebabkan kerusakan , mereka diteloransi karena dikatakan sebagai keturunan hanuman sang raja kera.

festival perjamuan monyet lopburi diadakan etiap tahun sekali , pada hari jamuan makan, selain hanya satu kali duduk biasanya ada empat jamuan terpisah . dimulai dengan acara pembukan sebelum meja dan makanan ditata untuk para monyet.

Festival Monyet di Thailand lopburi berjarak 150 km utara bangkok dan dapat dikunjungi dalam perjalanan sehari dari ibu kota thailand dengan kereta api atau bus . tetapi jika anda berniat untuk bermalam , anda disarankan untuk memesan akomodasi terlebih dahulu untuk akhir pekan festival.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *