Gubernur Ganjar Optimistis, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau perkembangan infrastruktur jalan. Khususnya di wilayah Pantura dan Pansela yang pasti akan dilewati para pemudik.

Hal itu disampaikan, Ganjar usai memimpin Rakor Forkopimda Jawa Tengah untuk menjaga kondusifitas wilayah menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H, di Gedung Gradhika Bhakti Praja.

Terkait Jembatan Juwana di Pati, Ganjar optimistis akan selesai digarap secepatnya dan bisa digunakan saat masa mudik Lebaran 2023. Laporan terakhir progresnya saat ini dalam tahap pengaspalan.

Pati (Juwana) sekarang mulai diaspal, jadi kepada saya, ya janjinya April, ternyata April. Saya dulu minta di Maret, tapi ternyata bisanya April ya sudah yang penting diselesaikan, kata Pak Ganjar.

Sebelumnya ia menyebut kemacetan yang ditimbulan karena pembangunan Jembatan Juwana itu sempat menjadi bulan-bulanan masyarakat pengguna jalan. Pasalnya jembatan baru diselesaikan dan itu jalur utama.

Pantura sekarang kami cek fisiknya, maka ini kami minta untuk dikebut semuanya yang membangun fisiknya.

Selain itu, Ganjar juga merespon masukan dari Kapolda Jawa Tengah terkait kurangnya penerangan di jalur selatan. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pusat, sambil berupaya mencari terobosan yang bersifat sementara.

Usaha Gubernur Ganjar Mempersiapkan Untuk Mudik

Kami koordinasi juga dengan pusat, karena beberapa jalan milik nasional, umpama selatan itu penerangannya ternyata masih kurang. Padahal kemungkinan itu akan dilewati banyak. Nah, kami akan carikan yang sifatnya penerangan sementara, kata Pak Ganjar.

Infrastruktur lain yang dicermati Ganjar adalah rest area. Khususnya kesiapan para pengelola dalam menghadapi pemudik.

Masukan bagus dari Pak Kapolda agar pemilik rest area diajak rapat, Insyaallah Selasa depan kami akan ajak rapat sehingga manajemen di rest areanya akan bisa berjalan dengan baik, tegasnya.

Termasuk juga koordinasi dengan Pertamina dan PLN, untuk memastikan stok BBM dan ketersediaan listrik aman. PLN termasuk SPKLU-nya kami minta untuk menyiapkan karena bukan tidak mungkin mobil listrik juga dipakai (mudik), ujarnya.

Adapun perbaikan jalan berlubang juga terus dikebut. Ganjar mengatakan, saat ini para petugas bekerja maksimal untuk memperbaiki jalan yang rusak berlubang.

Beberapa jalan lubang dan sebagainya kami minta cepat dan pola pengadaan barang jasanya dengan e-katalog ternyata lebih cepat. Kemarin saya ke Jepara juga sama, dengan e-katalog. Waktunya tidak lebih dari seminggu, mereka sudah bisa bekerja, tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *